Luh'Tu Kirei


Bagi Anda penyuka wisata sejarah dengan mengunjungi berbagai situs peninggalan sejarah, Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana wajib dikunjungi. Monumen Margarana memiliki luas sembilan hektar dan terbagi menjadi tiga bagian yang mengikuti konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir. Dengan menganut konsep tersebut maka keseimbangan akan tercapai.
Tri Mandala

a. bagian hulu. Bagian ini terletak di sebelah utara dengan luas areal sekitar 4 hektar, merupakan kompleks bangunan suci yang sering disebut dengan Taman Pujaan Bangsa. Didalam taman ini terdapat beberapa bangunan sebagai berikut:
- Candi Pahlawan Margarana; candi ini berdiri megah setinggi kurang lebih 17 meter. Di candi ini terpahat isi surat berangkai sebagai jawaban dari I Gusti Ngurah Rai (sebagai pemimpin Dewan Pejuang Bali) kepada Overste Termeleun (Belanda).
Surat tersebut menggambarkan kebesaran jiwa dan patriotisme bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat Bali nsecara khusus.
b. di bagian tengah atau sebelah selatan Taman Pujaan Bangsa yang memiliki area seluas satu hektar. Sering disebut juga Taman Seni Budaya yang terdiri dari bangunan: wantilan, warung kopi.
c. di bagian hilir (sebelah selatan) dengan luas empat hektar. Sering disebut juga sebagai Taman Karya Alam. Di tempat ini juga akan dibangun Bumi Perkemahan Remaja.
Lokasi








Monument Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana berlokasi di Desa Marga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, berjarak lebih kurang 25 km dari Kota Denpasar kea rah barat laut.
0 Responses

Posting Komentar