Luh'Tu Kirei
Manfaat buah apel – Buah yang bernama latin Malus domestica atau orang indonesia menyebutnya buah apel ini ternyata memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Buah ini pertama kali ditanam sekitar daerah asia tengah yang sekarang telah menyebar luas di berbagai daerah termasuk indonesia. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).
Pada umumnya apel dikonsumi secara langsung, buah ini mengandung banyak air di dalamnya. Makannya buah ini sangat segar bila di makan sehabis di petik dari pohonnya. Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk membuat saus apel.
Berdasarkan penelitian, apel bisa mengurangi risiko
- kanker usus besar
- kanker prostat
- kanker paru-paru
Dibandingkan dengan buah lainnya dan sayuran, apel mengandung vitamin C yang tidak seberapa, tetapi kaya dengan senyawa antioksidan lainnya. Biarpun tidak sebanyak buah lain, namun konten serabut dalam apel membantu mengontrol pergerakan usus, maka mengurangi risiko kanker usus besar. Serat apel juga membendung penyakit jantung, serta mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol, karena buah apel tidak mengandung kolesterol dan mempunyai serat yang mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorpsi.
Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain
- kalsium
- magnesium
- potasium
- zat besi
- zinc
Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya
- vitamin A
- vitamin B1
- vitamin B2
- vitamin B3
- vitamin B5
- vitamin B6
- vitamin B9
- vitamin C
Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat. Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker.
0 Responses

Posting Komentar